Sabtu, 17 November 2012

Materi Agama Islam Tabligh dan Dakwah

Materi Agama Islam Tabligh dan Dakwah

Aslamualaikum Wr. Wb.
Materi Agama Islam Tabligh dan Dakwah~Galedeg. Untuk Artikel ini saya masih melanjutkan untuk membahas mengenai Materi Pendidikan Agama Islam yang sudah saya dapatkan sewaktu saya belajar di bangku SMK. Ini juga masih ad akaitanya dengan materi- materi yang sebelumnya saya posting. Oke kita langsung masuk aja ke materinya, silahkan di simak dengan seksama.....

Tabligh

    Di lihat dari akar katanya, kata Tabligh berasal dari bahasa arab yankni Ballaga- yuballigu yang artinya Menyampaikan. Sedangkan menurut istilah Tabligh merupakan kegiatan menyampaikan ajaran- ajaran Islam yang di terima kepada umat manusia untuk di jadikan pedoman hidup sehingga mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat. Orang yang menyampaikan tabligh dinamakan dengan Mubalig dan jika perempuan disebut dengan Mubaligah. Pada awalnya kegiatan bertabligh di wajibkan kepada Rosululloh saw. hal ini seperti yang di jelaskan Allah dalam Surah Al-Maidah : 67 Yang artinya " Hai Rosul, sampaikanlah (bertablighlah)apa yang di turunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang di perintahkan itu, berarti) Kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang -orang yang kafir." (Q.S Al-Maidah : 67).
Materi Agama Islam Tabligh dan Dakwah
    Tetapi seiring berjalannya waktu, tabligh di wajibkan atas setiapp umat islam dengan kemampuan dan pengetahuan yang di miliki. Hal ini seperti yang di jelaskan oleh Allah dalam Surah An-Nahl ayat 125, Artinya " Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-Mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahi orang -orang yang mendapat petunjuk". (Q.S. An-Nahl :125);
    Rosululoh juga bersabda yang artinya, " Sampaikanlah olehmu apa yang pernah kalian peroleh dari aku, walaupun hanya satu ayat."(H.R. Bukhari, Tirmizi, dan Ahmad). Tablig hendaknya di mulai dari diri sendiri yakni dengan membentuk diri menjadi umat yang bernilai-nilaikan islam yang sesuai dengan Al-Quran dan hadis. Karena barang siapa yang menganjurkan orang lain untuk beriman dan bertakwa sedangkan dirinya belum melaksanakan yang di perintahka tersebut maka Allah akan amat membencinya.

Dakwah

Materi Agama Islam Tabligh dan Dakwah
      Dakwah berasal dari bahasa arab yakni " da'a a-yad'u " yang artinya memanggil atau menyeru. Sedangkan menurut istilah dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru orang untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan syariat islam.Orang yang menyampaikan dakwah dinamakan Dai.
      Kegiatan berdakwah merupakan kewajiban atas setiap muslim seperti yang di jelaskan Allah dalam Surah Ali Imran ayat 104. Berdakwah tidak boleh dilakukan dengan paksa karena pada hakikatnya yang memberi hidayah pada seseorang hanyalah Allah, hendaknya berdakwa dilakukan dengan " bi al-hal "yakni melalui perbuatan baik yang diridai Allah agar diteladani orang lain. Cara dakwah ini telah di laksanakan oleh Rosululloh saw. seperti yang di jelaskan Allah dalam Surah Al-Ahzab ayat 21  yang artinya, " Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rosulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (Q.S. Al-Ahzab : 21 )
Dalam Berdakwah, seseorang Dai hendaknya menggunakan metode -metode berikut :
  • Metode Al-hikmah, yakni menyampaikan dakwah terlebih dahulu mengetahui Tujuan dan Sasaran dakwahnya.
  • Metode Al-Mua'izah al-hasanah, yakni memberikan kepuasan pada masyarakat yang menjadi objek dakwahnya dengan cara memberikan nasihat, pengajaran, dan teladan yang baik.
  • Metode Mujadalah bi al-lati biya ahsan, yakni bediskusi dengan cara -cara yang ma'ruf.

Wahhh akhirnya udah selesai niee penerangannya . Gimana udah tahu belum tentang materi Tabligh dan Dakwah ?. Semoga dengan materi ini kita bisa memperkaya penetahuan kita dan dapat berbagi dengan sesama kita pengetahuan yang telah kita pelajari. Okedeh demikian apa yang dapat saya tulis bila ada kata kata yang kurang pas atau kurang sesuai saya Mohon Maaf yang sebesar- besarnya ... Wasalamualaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar: